Berbuka Puasa, Tidak Lengkap Rasanya Jika Tidak Menyajikan Makanan-Makanan Khas Berikut Ini

makanankhasberbukapuasa.jpg
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Berbicara tentang berbuka puasa pastinya tidak akan jauh dari urusan makanan. Ya, sulit dimungkiri bahwa Ramadan ikut membangun sebuah khasanah kuliner yang begitu melekat pada masyarakat Indonesia. Dan entah kapan dimulainya, ragam kuliner tersebut menjadi sesuatu yang seakan-akan “harus” tersedia di setiap momen berbuka puasa.

Tanpa menghilangkan esensi dari makna puasa itu sendiri, berikut kami ulas beberapa jenis makanan khas berbuka puasa, yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia.

Kurma

kurma

Kurma

Kurma merupakan makanan khas berbuka puasa hampir di seluruh dunia. Selain rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, pemilihan kurma sebagai salah satu menu berbuka puasa, tidak lepas dari contoh yang diberikan oleh Nabi Muhammad Saw.

Jadi, selain mencari nilai manfaat untuk mengembalikan stamina yang sempat menurun setelah seharian berpuasa, dengan memilih kurma sebagai makanan berbuka, kita juga berkesempatan memperoleh pahala tambahan karena telah melaksanakan sunah Rasulullah Saw.

Beragam Jenis Kolak

kolak

Kolak

Di Indonesia, berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa adanya kolak. Makanan yang terbuat dari campuran santan dan gula merah ini cukup digemari karena memiliki rasa yang manis dan legit.

Ada beragam variasi kolak yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, mulai dari kolak pisang, ubi, hingga singkong. Sebagai pelengkap, ada pula tambahan kolang-kaling atau ‘pacar cina’ yang membuat rasa kolak semakin meriah.

Satu lagi jenis kolak yang khas di bulan ramadhan adalah kolak ‘biji salak’. Yang dimaksud biji salak di sini adalah bahan isian kolak yang terbuat dari campuran ubi rebus dan sagu, yang dibentuk sebesar biji buah salak.

Bubur Manis

Bubur Manis

Bubur Manis

Seperti jargon salah satu iklan produk minuman “Berbukalah dengan yang manis”, menu berbuka puasa memang selalu didominasi oleh makanan dengan cita rasa manis. Termasuk di dalamnya beberapa jenis bubur manis seperti, bubur kacang hijau & ketan hitam, bubur lemu, bubur mutiara, atau bubur kampiun.

Bubur-bubur ini memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan kolak, karena pada dasarnya bahan pembuatnya juga menggunakan santan dan gula merah.

Es/minuman dingin

Es Sirup

Es Sirup

Jika ingin mencari yang lebih segar, Anda bisa memilih beragam jenis minuman dingin untuk menyegarkan buka puasa. Beberapa minuman yang bisa dipilih adalah es teh manis, es sirup, atau bahkan jus buah.

Sebagai alternatif, ada juga pilihan es campur seperti es teler, es buah potong, es kacang merah, es kelapa, es cendol, es pisang ijo, atau yang paling khas di bulan ramadhan yaitu es blewah dan es timun suri.

Kue Basah/Jajanan Tradisional

Kue Basah Tradisional

Kue Basah Tradisional

Masih tentang makanan yang manis, beberapa jenis kue basah atau jajanan tradisional juga menjadi pilihan untuk berbuka puasa, seperti misalnya klepon, putu ayu, kue lupis, kue putu mayang, kue cubit, pukis, serabi, dan masih banyak lagi.

Berbagai Macam Gorengan

gorengan

Gorengan

Selain makanan dengan cita rasa manis, beberapa jenis makanan yang sering dipilih untuk menjadi teman berbuka puasa adalah gorengan.

Walaupun tidak cukup baik dari sisi kesehatan, namun makanan jenis ini cukup digemari. Beberapa jenis gorengan yang menjadi pilihan biasanya adalah bakwan, tahu isi, cireng, risol, martabak telur mini, atau pastel.

Makanan-makanan tersebut biasanya dimakan dengan sambal atau cabai rawit. Atau jika ingin lebih kenyang, Anda juga bisa memakannya bersama lontong isi.

Tidak hanya jenis-jenis yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak makanan khas berbuka puasa yang bisa dipilih, terlebih saat ini inovasi kuliner di nusantara semakin berkembang.

Lalu, dari sedemikian banyak pilihan makanan berbuka, apa yang paling menjadi favorit Anda?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: