Cobain 3 Sensasi Masakan Peranakan Tionghoa dengan Rasa Lidah Orang Semarang

makanan-khas-semarang.jpg

Makanan Khas Semarang

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Indonesia terkenal dengan hal-hal yang sangat unik dan menarik. Setiap penjuru wilayahnya memiliki keunikan tersendiri, bisa dari budaya, sosial, keindahan alam, sampai pada kulinernya. Jika Anda mempunyai kesempatan untuk mengelilingi Indonesia, jangan melewatkan untuk menemukan sisi menarik dari setiap sudutnya. Salah satu hal menarik yang patut dicoba adalah kuliner Indonesia. Untuk para food hunter, Indonesia bisa dijadikan rekomendasi untuk memuaskan lidah.

Berbagai penjuru Indonesia mempunyai kuliner yang berbeda. Lidah dan selera makanan setiap orang di masing-masing daerahnya sangatlah berbeda pula. Salah satunya di pulau Jawa. Pulau dengan penduduk terpadat ini memiliki selera makanan yang berbeda dari pulau-pulau lainnya di Indonesia. Beranjak ke kota Semarang, salah satu kota di pulau Jawa, ada beberapa makanan yang enak dan patut untuk dicoba. Makanan ini pun sudah terkenal sampai ke wilayah lainnya di luar Semarang.

Walaupun Semarang masih tertinggal dibandingkan kota-kota lainnya di pulau Jawa, namun Semarang tetap mempunyai makanan khas yang rasanya sangat juara, bahkan diminati oleh masyarakat yang tinggal di luar kota Semarang, bahkan di luar pulau Jawa itu sendiri.

Beberapa makanan khas Semarang yang juara banget, di antaranya adalah:

Mi Kopyok

Mie Kopyok

Mie Kopyok – image credit : foodielunatic.wordpress.com

Mungkin namanya memang sederhana, sesederhana mi pada umumnya. Tapi, berbeda dengan mi yang lain, mi kopyok mempunyai resep tersendiri yang membuat mi ini berbeda. Disebut mi kopyok karena cara pembuatannya yang dikopyok-kopyok di air mendidih, yang tentunya sudah dibumbui. Jika Anda menyicipi mi kopyok, kaldu dari mi ini adalah juaranya. Bahan yang digunakan adalah lomi, taoge, tahu, lontong, dan pelengkap lainnya, seperti kerupuk gendar, kecap manis, seledri, dan bawang.

Setelah bahan-bahan tersebut diolah dan disajikan dalam cita rasa mi kopyok, rasanya akan berkolaborasi menjadi gurih dan nikmat. Bahan dasar mi, direbus di air mendidih yang sudah ada bumbu kaldunya. Lalu setelah mi mendidih, di atas mi ditaruh lontong dan tahu yang sudah diiris.

Untuk memenuhi kebutuhan lidah, mi kopyok bisa dicoba di rumah makan yang sudah terkenal di Semarang, namanya Mi Kopyok Pak Dhuwur. Tempat makannya sederhana, namun sudah terkenal dengan kenikmatan mi kopyoknya yang punya rasa kaldu berbeda dengan buatan rumah makan lain. Agar kepuasan menikmati mi kopyok bertambah, nikmatilah mi kopyok saat masih panas.

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Bandeng Presto – image credit : kisah.tokomesin.com

Bandeng presto menjadi kuliner terbaik di Semarang. Bisa dibuktikan sendiri jika pergi ke Semarang. Di sepanjang jalan utama Semarang, atau biasanya di sekitar jalan Pandanaran, bandeng presto dijual dalam kemasan dan dijajakan hampir di seluruh toko kuliner. Salah satu yang terkenal adalah bandeng presto Juwana. Makanan ini sudah tidak asing lagi.

Tapi siapa sangka, bahwa bandeng presto adalah makanan khas asli Semarang. Saking terkenalnya, bandeng presto sudah tersebar di seluruh pulau Jawa. Bandeng presto merupakan ikan bandeng segar yang dimasak di dalam panci bertekanan tinggi atau presto, karena itulah makanan ini disebut bandeng presto. Setelah dimasak, bandeng presto dikemas dalam kemasan yang kedap udara, hal ini agar bandeng presto terjaga dari kuman, kuat disimpan selama berminggu-minggu, bisa disimpan di lemari es, dan tentunya sangat aman jika harus didistrubusikan ke daerah yang jauh.

Semua bagian bandeng presto ini bisa dimakan, dagingnya berwarna putih, dan rasanya nikmat sekali. Bandeng presto bisa disajikan dengan digoreng saja, dibakar, atau digoreng bersama telur. Jika membeli bandeng presto dalam kemasan, beberapa merek membuatkan juga sambal khusus yang sangat cocok untuk melengkapi bandeng presto ini.

Bandeng presto akan lebih terasa nikmat jika dimakan bersama nasi panas nan pulen. Kemudian dihidangkan di pinggir pantai bersama orang-orang terkasih. Saat ini, bandeng presto banyak disajikan dalam bentuk lain, seperti bandeng presto kremes, otak-otak bandeng, sampai bandengan yang dilapisi telur.

Nasi Gandul

Nasi Gandul

Nasi Gandul – image credit : dapurbundaindi.wordpress.com

Makanan khas lainnya dari Semarang adalah nasi gandul. Bagi yang punya kolesterol tinggi, jangan sampai ketagihan makan nasi gandul, karena makanan ini mengandung banyak sekali kolesterol. Nasi gandul adalah nasi biasa yang disajikan dengan lauk berbahan dasar sapi. Lauk bisa dipesan seusai dengan kemauan Anda. Tapi, lauk itu semuanya adalah bagian dari tubuh sapi. Bisa bagian daging, lidah, jeroan, paru, dan lainnya. Anda bisa memesan bagian tertentu saja atau bisa juga dicampur. Kemudian lauk sapi yang telah diolah terlebih dahulu disajikan bersama kuah yang berwarna coklat dan terbuat dari santan. Rasa kuah, lauk, dan nasinya menjadi perpaduan rasa yang bisa bikin ketagihan.

Nasi gandul sangat enak disajikan saat masih panas, apalagi ketika musim hujan atau pada malam hari yang dingin. Sebagai pelengkap, nasi gandul dapat dimakan bersama tempe yang digoreng kering dan kerupuk. Beberapa warung makan yang menjual nasi gandul biasanya hanya memberi porsi nasi yang sedikit, tapi kuahnya bisa sampai tumpah-tumpah.

Itulah beberapa masakan khas Semarang yang sangat direkomendasikan. Memang Semarang bukan kota yang modern seperti Bandung apalagi Jakarta. Tapi, justru karena terkenal dengan model tradisionalnya, maka segala sesuatu yang berasal dari daerah tersebut dapat menjadi ciri khas yang masih terjaga dengan sangat baik.

Jika Anda pergi ke Semarang, jangan lupa melewati tempat-tempat kuliner dan mencoba semuanya. Anda bisa menemukan tempat-tempat ini di sekitar alun-alun kota Semarang atau tempat angkringan lain. Selamat mencoba, ya!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: