Inilah Beberapa Makanan Khas Solo Yang Bikin Kangen Setelah Mencobanya

makanan-khas-solo.jpg

Makanan Khas Solo

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ada beberapa makanan khas solo yang bikin kangen ketika sudah memakannya. Tidak sedikit para pengunjung setelah makan beberapa makanan berikut ini akan menjadi sangat ketagihan dan merasa kangen untuk mencobanya lagi istilah Jawannya adalah Ngangeni. Maka dari itu akan sangat merugi jika Anda berkunjung ke Solo tanpa mencoba makanan-makanan berikut ini.

Selain rasanya yang sangat nendang, masakan-makanan khas ini memiliki keunikan rasa khas Jawa Tengah dan banyak yang mengatakan ketika Anda sudah pernah mencicipi makanan-makanan ini kemudian Anda pulang ke rumah makan akan ada rasa kangen untuk kembali ke Solo dan hanya untuk sekedarmenyantap makanan tersebut. Apalagi bagi Anda yang sudah lama tidak datang kesolo, maka rasa kangen tersebut akan semakin menjadi-jadi.

Selain terkenal dengan budayanya yang masih sangat menjunjung tinggi budaya jawa, ternyata solo juga memiliki beberapa makanan khas yang sangat familier dan memiliki cita rasa yang tinggi. Makanan khas Solo ini juga bisa dikatakan menjadi cirri khas dari kota Solo tersebut, selain tentunya juga masalah budaya jawanya.

Makanan-makanan dari kota Solo berikut ini merupakan beberapa makanan yang menjadi ciri khas dari olahan khas solo dan tentunya juga dikombinasikan dengan bumbu khas dari kota solo tersebut menjadikan beberapa makanan ini sangatlah lezat dan memiliki cita rasa yang sangat tinggi pula. Berikut ini merupakan makanan-makanan khas dari kota solo yang kata orang Jawa bisa Ngangeni.

Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet – img credit : menuresepmasakan.com

Nasi liwet ini sudah sangat dikenal luas di solo. Nasi liwet ini bisa dikatakan sangat unik, karena Anda hanya bisa menemukannya di Solo saja. Sebenarnya proses pembuatan dari nasi liwet ini lumayan mudah, pertama Anda memasak nasi yang dicampur dengan kaldu ayam, denjgan itu maka nasi tersebut akan menjadi sangat gurih dan lezat. Nasi liwet ini biasanya pelengkapnya menggunakan sayur labu siam yang dipotong panjang-panjang dan dimasak dengan dicampur santan.

Untuk lauknya bisa dengan telur atau pindang rebus, daging ayam yang disuwir-suwir atau bisa dengan menmggunakan areh yang dibaut menggunakan santan yang dikentalkan. Untuk masalah penyajiannya, nasi liwet biasanya disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang. Nasi liwet ini sangat pas untuk disajikan dipagi hari.

Timlo

Timlo

Timlo – img credit : kuliner83.com

Timlo ini merupakan makanan yang sudah sangat familier di Solo. Sebenarnya kalau Anda melihat seklis makanan ini ada kemiripan dengan soto, karena timlo juga memiliki kuah yang bening seperti soto. Untuk pelengkapnya biasanya timlo dimakan menggunakan sosis ayan yang dipotong-potong, telur ayam, dan juga ada irisan jeroan ayamnya. Biasanya semuanya itu ada yang dipisah dan ada pula yang digabung, mengikuti selera Anda juga. Dengan timlo ini santap siang Anda akan terasa lebih nikmat, karena timlo ini sangat pas untuk menjadi menu makan siang Anda.

Baca : Resep Timlo Khas Solo

Selat Segar Solo

Segar Selat Solo

Segar Selat Solo – img credit : kompasiana.com

Makanan khas Solo selanjutnya yang bikin kangen adalah selat segar solo. Komposisi dari selat segar solo ini berupa wortel, tomat, buncis, kenyang, selada, telur pindang mayonise dan juga dikasih daging ataupun kornet yang diiris tipis-tipis sehingga menyerupai lingkaran. Setelah itu disiram dengan kuah kecap yang encer. Selat segar Solo ini sangat pas Anda nikamati diwaktu siang, karena akan sangat segar ketika memakannya.

Tengkleng

Tengkleng

Tengkleng – img credit : resep-om.blogspot.com

Bagi Anda pecinta kuliner yang bahan dasarnya dari kambing maka Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Apalagi tengkleng khas solo. Tengkleng merupakan olahan yang ada kemiripan dengan gulai kambing namaun yang membedakannya adalah tengkleng ini tidak menggunakan santan.

Sebenarnya kalau dalam sejarahnya, tengkleng ini merupakan makanan khas para rakyat jelata di kota Solo, karena dalam memasak tengkleng ini tidaklah menggunakan daging kambingnya, tetapi yang digunakan malah tulang-tulangnya, kepalanya, usus dan juga jeroannya, kaki-kakinya, intinya organ kanbing yang tidak dipakai dalam masakan para kaum bangsawan kala itu. Tetapi justru dengan keadaan semacam itu membuat tengkleng merupakan makanan yang sangat familier dan merakyat di Solo.

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker – img credit : gudegcekersedepraos.com

Yang membedakan gudek khas Yogyakarta dengan gudek ceker khas Solo adalah kalau gudeg khas solo ini menggunakan ceker atau kaki ayam sebagai lauknya. Tetapi kalau masalah bahan dasarnya sebenarnya ada kemiripan dengan gudeg yang ada di Yogyakarta. Biasanya ceker ayam tersebut dicampur dalam kuah santan dan ditambah dengan sambel goreng krecek atau rambak sapid an juga telur rebus. Makanan ini lebih nikmatnya disantap dimalam hari.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak – img credit : porosberita.com

Cabuk rambak ini sebenarnya makana dari ketupat. Tentunya Anda pasti sudah sangat mengenal kan dengan ketupat, karena setiap lebaran Idul Fitri ketupat selalu disajikan di meja makan Anda sebagai santapan di hari lebaran tersebut. Yang menjadi karakteristik ataupun cirri khas dari cabuk rambak adalah dalam hal bumbunya. Cabuk rambak memakai bumbu wijen yang digoreng dengan menggunakan santan kelapa, kemudian divampur dengan cabai, bawang putih, kemiri dan menggunakan gula merah.

Makanan ini kurang lengkap kalau tidak dikasih dengan karak, sejenis kerupuk yang bahan dasarnya dibuat menggunakan beras. Cabuk rambak ini sangat pas Anda makan diwaktu sore hari ataupun malam hari. Tetapi enak juga kalau dijadikan sebagai menu sarapan Anda.

Itulah beberapa makanan khas Solo yang bisa membuat Anda kangen atau Ngangeni ketika sudah mencobanya, kalau Anda masih belum percaya silahkan kalau datang ke Solo untuk mencicipi makanan-makanan tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Loading Facebook Comments ...

One thought on “Inilah Beberapa Makanan Khas Solo Yang Bikin Kangen Setelah Mencobanya”

  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta says:

    wuih yummy sekali kuliner2 khas solo ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: