Intip Sekarang Makanan Khas Bandung Yang Sayang Jika Dilewatkan Begitu Saja

makanan-khas-bandung.jpg

Makanan Khas Bandung

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Makanan khas Bandung menjadi salah satu makanan nusantara yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Kenikmatannya dipadukan dengan kotanya yang asri membuat wisata kuliner lebih menarik.

Penjaja kuliner semakin bertambah puas ketika mencicipi makanan khas ini. Dan memang banyak direkomendasikan pada setiap pecinta kuliner termasuk Anda.

Ketika Anda berkunjung ke Bandung, sudah sebaiknya jika Anda mulai memikirkan untuk berwisata kuliner. Toh sangat beragam sekali jenis masakan enak yang memang mencirikan kekhasan kota yang disebut dengan kota kembang tersebut.

Nah, masalahnya adalah apakah Anda sendiri telah mengetahui ragam jenis masakan khas dari kota kembang itu? Jika belum, mari simak ulasan mengenai makanan khas Bandung yang akan diulas dibawah ini.

Tahu Jablay

Tahu Jablay

Tahu Jablay – image credit : sajianistimewa.com

Dari namanya sudah membuat penasaran. Ya, tahu jablay, entah dari mana asalnya nama ini. Usut punya usut, Tahu Jabaly tersebut diambil oleh sekumpulan orang yang sedang menikmati enaknya rasa tahu.

Mereka berkumpul sambil menikmati tahu, tapi diselingi dengan guyonan. Makanya, nama dari tahu ini juga sedikit membuat orang agak penasaran, atau penamaan ini terasa sangat aneh.

Mengenai Tahu jablay ini, pada dasarnya merupakan jenis makanan khas yang kabarnya hanya bisa ditemukan di Bandung saja. Tahu dipotong-potong kecil menyerupai dadu, setelah itu digoreng dengan tepung agar rasanya lebih krispi.

Tahu ini cocok ketika dinikmati selagi panas, dan sangat pas ketika dinikmati bersama orang-orang seperti saat berkumpul bersama dan bersantai sambil menikmati indahnya kota kembang ini.

Nah, tahu jablay ini rasanya memang gurih, dan menariknya harganya sangat murah. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar 3 ribu rupiah saja untuk mendapatkan seporsi tahu jablay hangat nan enak.

Hanya saja, makanan khas Bandung ini agak sulit ditemukan. Pasalnya, penjual makanan khas ini sudah jarang sekali. Oleh karena itu, Anda yang penasaran dengan jajanan enak ini perlu banyak usaha untuk menjumpainya.

Colenak

Colenak

Colenak

Bandung identik dengan Peyeum atau yang juga biasa dikenal dengan Tape. Rasanya yang enak membuat siapa saja ketagihan, dan inilah yang membuat kuliner ini diminati dan banyak diburu oleh wisatawan.

Nah, colenak ini juga merupakan salah satu jenis makanan yang enak, berbahan dasar peyeum. Mengenai mengapa makanan khas Bandung yang disebut dengan colenak ini tidak lain dikarenakan cara mengkonsumsinya adalah dengan mencocol peyeum kedalam sebuah saus yang rasanya enak.

Sebelum menjadi konsumsian yang enak, peyeum ini dibakar terlebh dahulu. Kemudian baru dicocol kedalam saus yang telah dibuat. Saus tersebut terbuat dari parutan kelapa muda yang ditambah dengan gula merah yang sangat lembut. Makanya, tidak heran jika rasanya akan sangat lezat.

Seblak Basah

Seblak

Seblak – image credit : tokomesin

Seblak basah menjadi makanan khas Bandung lainnya yang bercita rasa istimewa. Harganya relatif sangat murah sekitar Rp.2000 perporsinya.

Bahan dasar dari sseblak basah ini adalah aci kerupuk yang asalnya dari sagu yang direbus, kemudian diolah menyerupai keripik. Setelah itu, proses selanjutnya adalah dengan cara menumis makanan tersebut bersama dengan bumbu pilihan.

Untuk hasilnya, makanan bercita rasa ini sangat renyah dan juga berkuah. Pastinya akan membuat Anda tambah merasakan nikmatnya berkuliner.

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, seblak basah ini juga menyediakan versi sesuai seler Anda. Jadi, Anda bisa memilih seblak basah yang rasanya pedas dengan harga yang sama. Menyenangkan bukan?

Gehu Hot Jeletot

Gehu Hot Jeletot

Gehu Hot Jeletot – image credit : bandung.panduanwisata.id

Mau tahu apa itu gehu hot jeletot? Untuk masyarakat Bandung tentunya tahu, tapi bagi Anda yang bukan berasal dari kota bunga ini pastinya belum banyak yang mengenal.

Ya, Gehu Hot Jeletot adalah sejenis makanan yang bercita rasa pedas. Gehu adalah semacam toge serta tahu. Sementara Jeletot adalah istilah dari rasa yang teramat pedas. Ini berarti jika makanan khas Bandung ini rasanya akan sangat pedas dan bakal menggoyang lidah Anda.

Gehu ini dibuat dengan cara melumurinya dengan tepung, serta diisi dengan bumbu olahan yang menghasilkan bentuk rasa yang sangat lumrah enaknya. Anda yang telah merasakan enaknya Gehu Hot Jeletot ini pasti akan kepincut untuk mencobanya kembali suatu saat.

Bandros

Bandros

Bandros – image credit : burpple.com

Bandros adalah satu jenis makanan yang sangat khas berasal dari kota Bandung. Makanan ini hampir sebagian besar bahannya berasal dari kelapa. Ya, makanan khas ini dibuat dari tepung terigu yang kemudian diadoni dengan santan kelapa.

Setelah diadoni, makanan tersebut kemudian dimasak diatas sebuah cetakan cekung. Jika sudah demikian, makanan khas tersebut kemudian ditaburi dengan kelapa parut. Yang pasti, makanan tersebut akan terasa lebih enak.

Nah, untuk memperoleh makanan khas ini sangatlah mudah. Biasanya pedagang akan banyak yang memperjualbelikannya dengan harga yang sangat murah. Bayangkan saja, 5 buah bandros ini bisa dibeli dengan harga sekitar 3 ribu rupiah.

Basreng

Basreng

Basreng – image credit : www.tokomesin.com

Oke, makanan khas Bandung yang terakhir yang bakal membuat lidah Anda tak lupa bersyukur adalah basreng. Basreng merupakan makanan yang sangat khas, berupa baso yang digoreng dan tidak menggunakan kuah.

Yang menarik dari makanan khas ini adalah Anda diperbolehkan untuk memberi bumbu sendiri. Banyak bumbu yang disediakan, mulai dari bumbu yang rasanya manis, asin, bahkan juga pedas. Semuanya tergantung pada selera Anda.

Nah, sudah tahu bukan ragam jenis masakan yang enak di Bandung? Kini saatnya Anda mulai merencanakan untuk berburu jenis masakan yang tentunya akan memuaskan lidah Anda. Jadi, sudahkah Anda siap berburu makanan khas Bandung yang super lezat diatas?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: