Kue Khas Lebaran Favorit Keluarga yang Tidak Pernah Absen Meramaikan Hari Raya Idul Fitri

kue-khas-lebaran.jpg
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Tidak hanya sebagai hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran juga bisa menjadi momen yang spesial bagi seluruh keluarga. Di hari tersebut biasanya seluruh keluarga berkumpul dan bersilaturahmi sambil menikmati berbagai sajian, termasuk di dalamnya kue-kue khas Lebaran.

Ada beberapa jenis kue khas lebaran yang selalu disajikan di setiap rumah, berikut adalah beberapa di antaranya:

Kue Khas Lebaran yang Dimasak Menggunakan Oven

Bahan dasar yang digunakan untuk beberapa jenis kue kering ini adalah tepung terigu, telur, gula, margarin/mentega, serta beberapa campuran lainnya.

Kue Nastar

kue nastar

Kue Nastar

Kue dengan nama asli ananas taart ini merupakan kue kering dengan isian selai nanas di dalamnya. Kue berbentuk bulat dengan tekstur yang renyah namun lembut ini memiliki rasa yang gurih dan diperkaya dengan rasa manis dari selai nanas.

Beberapa orang memvariasikan isian nastar dengan selai stroberi atau bluberi. Namun sejauh ini versi orisinal masih menjadi pilihan utama.

Kue Keju – Kastangel

kue kastangel

Kue Kastangel

Kastengel memiliki nama asli kaas stengels yang artinya kue keju. Kue ini berbentuk persegi panjang, dengan panjang sekitar 3-4cm dan lebar 1cm. Teksturnya renyah, namun rapuh dan lembut ketika berada di mulut. Kastengel memiliki rasa dominan gurih dengan nuansa rasa keju yang kental di dalamnya.

Kue Putri Salju

putri-salju

Kue Putri Salju

Disebut sebagai putri salju sebab kue ini di seluruh permukaan luarnya diberi taburan gula halus sehingga tampilannya berwarna putih. Kue ini berbentuk bulat atau bulan sabit. Saat dimakan, Anda akan menikmati rasa manis dari lapisan gula halus yang ada di bagian luar, kemudian diikuti rasa gurih legit dari adonan kue di bagian dalamnya.

Kue Semprit

Kue Semprit

Kue Semprit

Kue semprit memiliki nama asli boter sprits yang artinya kue yang dibentuk dengan disempritkan dari cetakan corong yang ujungnya berkembang-kembang. Itu sebabnya kue ini memiliki bentuk seperti bunga mawar yang sedang mekar. Kue semprit memiliki tekstur yang renyah dan rapuh. Sebagai pemanis, di tengah kue, biasanya diberi sedikit selai stroberi atau kismis.

Kue Lidah Kucing

kue lidah kucing

Kue Lidah Kucing

Kue kering ini berbentuk pipih memanjang seperti lidah, itu sebabnya disebut lidah kucing. Teksturnya renyah dengan rasa manis gurih khas adonan mentega dan telur.

Awalnya kue ini hanya memiliki 2 jenis rasa yaitu rasa orisinal dan rasa coklat. Namun seiring dengan semakin berkembangnya kreativitas, kue lidah kucing juga dibuat dengan berbagai rasa dan warna, seperti warna-warna pelangi.

Kue Khas Lebaran Tanpa Panggangan/Oven

Selain kue-kue kering yang dipanggang, ada juga kue khas lebaran yang dimasak tidak menggunakan oven, melainkan digoreng menggunakan minyak. Berikut beberapa di antaranya:

Kacang Bawang

kacang bawang

Kacang Bawang

Kacang bawang sebenarnya kacang tanah yang dikupas dan direndam ke dalam air yang telah dibumbui bawang putih dan garam, sehingga ketika digoreng memiliki aroma khas bawang putih yang sedap.

Kue Telur Gabus

kue-telur-gabus

Kue Telur Gabus

Kue ini bukan berasal dari telur ikan gabus, melainkan dari tepung sagu atau tepung tapioka yang dicampurkan dengan telur. Bentuk kue ini panjang-panjang dengan ujung yang melancip.

Kue ini memiliki dua varian rasa, yaitu asin dan manis. Untuk telur gabus asin, ada juga yang memvariasikannya dengan keju sehingga rasanya lebih kaya, sedangkan telur gabus manis dibuat dengan menambahkannya balutan gula setelah kue selesai di goreng.

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Kue ini memiliki bentuk yang sederhana, yaitu berbentuk potongan-potongan kecil yang digoreng garing dan renyah. Bahan dasarnya terbuat dari campuran tepung terigu, sagu, telur, dan santan. Umumnya kue ini memiliki dua varian rasa, yaitu manis dan asin.

Kue Cheese Stick

Kue Cheese Stick

Kue Cheese Stick

Ada banyak versi kue cheese stick, namun yang menjadi sajian khas lebaran adalah versi tradisional yang dibuat dari bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, margarin, dan keju. Adonan ini dibuat pipih kemudian dipotong-potong memanjang kecil seperti stik, kemudian digoreng. Teksturnya sangat garing dengan rasa yang gurih dan lezat.

Demikian tadi kue-kue khas yang biasa disajikan saat Lebaran. Kue mana yang menjadi favorit Anda dan keluarga?

Bagi anda yang tidak sempat membuat kue lebaran, bisa juga coba dengan icip-icip di Kuekuenak ( www.kuekuenak.com ) dengan banyak pilihan jenis kue disini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: