Makanan Khas Yogyakarta Ini Bakal Membuat Lidah Anda Bergoyang

yogyakarta.jpg

Makanan Khas Yogyakarta

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Kuliner jogja tidak hanya gudeg melulu, namun masih ada banyak sekali makanan khas yogyakarta yang juga terkenal memberikan kepuasan bagi pecinta kuliner.

Berwisata di jogja tidak bisa dilepaskan dengan berwisata kuliner. Artinya, selain mengunjungi tempat-tempat spesial seperti candi borobudur, para wisatawan juga tertarik untuk berwisata kuliner. Hanya saja, tidak banyak dari wisatawan yang tahu apa saja makanan khas asal yogyakarta.

Kuliner yang paling terkenal dan populer di jogja tentu saja Gudeg. Ini berarti kebanyakan dari para wisatawan hanya fokus untuk mencari gudeg yang nikmat di jogja saja. Padahal kenyataannya masih ada makanan khas lain yang juga tidak kalah enak dari gudeg.

Nah, disini Anda diajak untuk mengetahui beberapa makanan khas yogyakarta yang bakal menambah wawasan tentang kuliner di kota gudeg. Berikut dirangkum dan diulas dengan lebih mudah untuk difahami. Jadi, mari simak ulasannya dibawah ini.

Gudeg

Gudeg

Gudeg

Diurutan teratas, Anda tentu saja diajak untuk mengenal lebih dalam tentang Gudeg. Gudeg diolah dengan bumbu rahasia yang menambah rasa. Bahkan menurut ceritanya, semakin lama gudeg dibuat, maka semakin tambah nikmat rasanya.

Untuk gudeg itu sendiri ada bermacam-macam variasi. Kesemuanya menampilkan sisi kelebihannya yang mana tentu saja membuat para wisatawan bingung untuk memilihnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena gudeg asli jogja ini terasa spesial.

Meskipun begitu, ada satu jenis gudeg yang tersa lebih istimewa. Namanya adalah Gudeg Pawon. Anda bisa mendapati tempat kuliner ini di Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo Jogjakarta.

Bedanya gudeg pawon dengan gudeg lainnya adalah sensasi yang akan dirasakan oleh pecinta kuliner. Betapa tidak, para pecinta kuliner akan menikmati nikmatnya gudeg di dapur yang telah lama berdiri.

Ya, gudeg yang Anda temukan di Lokasi yang telah disebutkan diatas merupakan kuliner yang sangat ramai. Bahkan banyak wisatawan yang real menunggunya sebelum dibuka yakni sekitar pukul 22.00 malam.

Mengenai rasa tidak perlu disangkal lagi karena gudeg ini adalah gudeg kualitas wahid. Bumbunya adalah bumbu warisan turun temurun sehingga Anda bisa merasakan enaknya makanan yang telah ada sejak berdirinya warung tersebut yaitu di tahun 1958.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa – image credit : tekooo.com

Makanan khas yogyakarta yang tidak kalah enaknya dengan gudeg adalah bakmi jawa. Soal rasanya tidak perlu ditanya lagi, Anda cukup datang di tempat-tempat yang menyediakan bakmi jawa tersebut.

Bakmi jawa memang seringkali Anda temukan di daerah-daerah di jawa. Hanya saja, bakmi jawa yang paling enak hanya akan Anda temukan di Jogjakarta. Pasalnya, bakmi jawa ini merupakan makanan yang sangat khas dan memiliki ciri berbeda dengan bakmi jawa yang berasal dari daerah lainnya.

Bedanya adalah dari proses memasaknya dimana makanan khas yogyakarta yang satu ini dimasak diatas tungku tanah liat. Proses memasak seperti ini tentunya ada hubungannya dengan hasil yang akan didapatkan.
Menurut mitos jawa, proses memasak dengan cara manual, bahkan dengan menggunakan api yang berasal dari kayu bakar akan bertambah enak. Karena ada usaha yang ekstra keras untuk membuat makanan, dan tentunya pembuatnya juga tidak ingin membuat apa yang dilakukannya sia-sia saja.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyantap bakmi jawa ini, Anda bisa berkunjung di dusun code manding Bantul. Dusun ini merupakan salah satu tempat yang akan menyediakan makanan khas yogyakarta bakmi jawa yang enak. Bahkan disini merupakan tempat yang juga diincar oleh sejumlah artis dan pejabat saat berkunjung.

Selain di lokasi tersebut, Anda juga bisa mendapatkan tempat yang cocok menikmati kuliner gurih ini. Anda bisa menemukannya di pangkualaman, atau juga bisa didekat pagar keraton.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong – image credit : daniafebry.it.student.pens.ac.id

Bagi Anda yang suka dengan sate, Anda salah jika tidak mengunjungi sate klathak pak pong ini. Sate ini sangat berbeda dengan sate pada umumnya. Jika Anda menemukan sate ditusuk dengan bambu, maka disini sate ditusuk dengan jeruji sepeda.

Dari sini, Anda bisa membayangkan sendiri jika daging yang dipanggang akan benar-benar matang. Selain itu, makanan khas yogyakarta ini juga memiliki ciri-ciri lain yang tidak bakalan bisa ditemukan di tempat lainnya.

Ya, sate ini hanya dibumbui dengan 3 bahan saja yaitu garam, merica serta kecap saja. Meskipun demikian, rasanya lebih spesial. Cocok untuk dijadikan sebagai santapan lezat disaat berkunjung di jogja.

Nah, jika Anda ingin berburu kuliner ini, Anda bisa berkunjung di jalan Imogiri Bantul. Disini, Anda akan mudah menemukan sate klathak Pak Pong yang terkenal dengan keunikannya.

Mie Telap 12

Mie Telap 12

Mie Telap 12 – image credit : cupcakerinamutz.blogspot.com

Kuliner yang satu ini berbahan dasar mie. Yang membuat menarik dari mie ini adalah penyajiannya yang menarik lengkap dengan pernak-pernik makanan tersebut.

Lebih jelasnya mengenai makanan khas yogyakarta yang satu ini, Anda bisa melihatnya pada bungkus mie pada umumnya. Anda bisa melihat semangkok mie yang ditaburi dengan daging atau telur, dan juga ditaburi dengan semacam sayuran dan lain sebagainya.

Kesemuanya ditata rapi untuk memperindah semangkok mie. Hal ini tentunya untuk menggugah selera makan Anda. Yang pasti, perut Anda akan terasa keroncongan melihat semangkok mie lengkap dengan daging dan teman-temannya tertat rapi diatasnya.

Nah, lokasi dimana anda bisa menjumpai Mie Telap 12 ini ada di jalan Pandean 10B Yogyakarta. Jika Anda memiliki banyak waktu, silahkan coba kunjungi tempatnya, dan Anda akan tahu seperti apa rasanya.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah makanan khas yogyakarta yang bakalan membuat lidah Anda bergoyang. Jadi, kuliner mana yang akan Anda buru terlebih dahulu ?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: