Mengenal 7 Keistimewaan Sop Konro dan Coto Makassar

makanan-khas-makassar.jpg
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Sebagai daerah yang berada di sisi selatan pulau Sulawesi, Makassar dikenal memiliki dua jenis kuliner khas yang memiliki kualitas rasa yang menggugah selera. Sop konro dan coto Makassar adalah dua jenis masakan istimewa yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Beberapa alasan untuk Mengenal 7 Keistimewaan Sop Konro dan Coto Makassar perlu menjadi sorotan bagi para pecinta kuliner nusantara. Artikel untuk Mengenal 7 Keistimewaan Sop Konro dan Coto Makassar ini dapat menjadi referensi untuk mengenal dan memahami keistimewaan dua jenis masakan khas suku Bugis ini dengan baik.

Baca juga : Resep Coto makassar Cita Rasa Khas Sulawesi Selatan

Memiliki Basis Sejarah Kuliner yang Panjang

Sop konro merupakan jenis masakan yang dibawa oleh seorang warga Makassar bernama Hanafing pada tahun 1960. Sop konro adalah hasil dari buah pikiran pak Hanafing yang saat itu berprofesi sebagai guru namun memiliki minat tersendiri terhadap dunia kuliner nusantara. Pak Hanafing sukses dengan penemuan resep sop konro ini dan akhirnya beliau pun mendirikan beberapa warung makan sop konro di sejumlah wilayah Indonesia di kemudian hari. Sop konro terbukti menjadi masakan khas Makassar yang begitu melegenda.

Coto Makassar adalah jenis masakan yang diketahui telah ada sejak masa kejayaan kerajaan Gowa pada tahun 1538. Dikenal sebagai masakan yang dinikmati oleh kalangan kerajaan dan masyarakat umum, coto Makassar memiliki cita rasa kuliner yang begitu menggugah selera. Masakan ini diketahui menjadi bukti dari adanya proses akulturasi antara budaya Melayu dengan Tionghoa, dari adanya penambahan sambal tao-co pada coto yang merupakan bagian dari kuliner khas negara Tiongkok.

Menggunakan Sapi sebagai Bahan Dasar Utama

Daging Sapi

Daging Sapi – trentekno.com

Kedua jenis kuliner ini merupakan masakan yang menggunakan sapi sebagai bahan dasar utama. Sop konro dibuat dengan menggunakan potongan iga sapi yang dimasak dengan kualitas yang baik. Iga sapi tersebut diolah sedemikian rupa agar mampu disajikan dengan kualitas tekstur yang empuk dengan paduan bumbu yang menggugah selera.

Penyajian daging sapi dalam coto Makassar terbukti menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan. Coto Makassar dikenal dengan penyajian daging dan campuran berbagai jeroan sapi yang diolah dengan bumbu rempah yang begitu gurih. Kelembutan olahan daging sapi dan jeroan dalam coto Makassar menjanjikan kelezatan tersendiri yang bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Kaya Akan Olahan Rempah yang Khas

Rempah - Rempah

Rempah – Rempah : seputarmakan.com

Sudah bukan lagi menjadi rahasia bahwa Indonesia memiliki ragam kuliner yang kaya akan cita rasa rempah yang begitu khas, begitu pun dengan kedua jenis masakan khas Makassar ini. Sop konro menyajikan olahan rempah dalam kuah sup yang terdiri dari campuran bumbu halus dengan rasa gurih yang khas. Kerapian dalam penyajian bumbu sop konro ini membuat iga sapi yang diolah menjadi begitu nikmat saat dicicipi.

Sama halnya dengan sop konro, coto Makassar pun memiliki olahan rempah khas nusantara. Dikenal dengan olahan bumbu kuning yang kental, coto Makassar mengutamakan kehadiran rempah sebagai penawar kolesterol tinggi dari adanya berbagai jenis jeroan sapi. Kelezatan dalam rasa gurih yang dihadirkan dalam coto Makassar ini jelas tidak diragukan lagi.

Menjadi Pelopor dari Olahan Iga dan Soto Lainnya

Kedua jenis masakan ini menjadi pelopor dari masakan nusantara lain yang sejenis. Sop konro terbukti menjadi masakan yang menjadi pelopor dari olahan iga di beberapa daerah nusantara. Pengolahan sop konro dengan rasa gurih dalam kuah sup yang khas ini menjadi pilihan tersendiri bagi para pecinta kuliner Indonesia.

Coto Makassar diketahui merupakan jenis olahan soto tertua yang ada di Indonesia. Coto Makassar disebutkan menjadi jenis kuliner yang menjadi pelopor dari beberapa jenis olahan soto dari daerah lain yang ada di Indonesia.

Dapat Dinikmati oleh Semua Kalangan

semua-kalangan

Penyajian kedua jenis masakan khas Makassar yang dikenal kaya akan kandungan lemak namun tidak memiliki kadar kolesterol yang begitu tinggi ini dapat dinikimati oleh semua kalangan. Baik kalangan tua, maupun kalangan muda. Penyajian sop konro yang menggunakan olahan kacang merah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam kuah sop yang disajikan dalam satu mangkuk.

Coto Makassar yang kaya akan olahan jeroan dan daging sapi pun tidak memiliki kadar kolesterol yang tinggi apabila dibandingkan dengan kadar porsi jeroan yang disajikan. Hal ini dikarenakan adanya olahan rempah yang mampu menawar kadar kolesterol tinggi dalam satu sajian coto Makassar.

Merupakan Masakan yang Begitu Digemari oleh Masyarakat Makassar

Menjadi jenis masakan khas yang begitu digemari, sop konro dan coto Makassar jelas menjadi kuliner yang istimewa, terutama bagi masyarakat Makassar sendiri. Dengan olahan daging sapi yang gurih dan sesuai dengan lidah suku Bugis, kedua masakan ini menjadi masakan yang kerap dinantikan kehadirannya dalam momen perayaan kebudayaan daerah setempat.

Dapat dengan Mudah Ditemukan di Luar Daerah Makassar

Kelezatan rasa yang dihadirkan oleh sop konro dan coto Makassar menjadikan kedua jenis kuliner ini menjadi makanan yang juga dikenal dengan baik di luar Makassar. Sajian sop konro dan coto Makassar dapat dengan mudah ditemukan di beberapa kota besar di Indonesia. Ini membuktikan, sop konro dan coto Makassar merupakan jenis masakan dengan kualitas kuliner nusantara yang begitu layak dicoba.

Demikianlah artikel tentang Mengenal 7 Keistimewaan Sop Konro dan Coto Makassar. Mari jelajahi ragam kuliner nusantara di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Resep Coto makassar Cita Rasa Khas Sulawesi Selatan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: