Mengintip Lezatnya Masakan Khas Lebaran Dunia

masakan-khas-lebaran-dunia.jpg
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11

Setiap Negara pastinya memiliki kekhasan kuliner. Khusus untuk hari raya Idul Fitri atau Lebaran, negara-negara Islam di dunia juga memiliki masakan khas yang selalu disajikan di hari istimewa tersebut. Ingin tahu apa saja masakan khas Lebaran Dunia yang ada di berbagai pelosok, berikut ulasannya.

Masakan Khas Lebaran di Asia Tenggara

Di Asia Tenggara, negara- negara yang memiliki komunitas muslim dengan jumlah besar adalah Indonesia, Malaysia, dan Brunai Darussalam, dan Myanmar.

Negara-negara ini memiliki rumpun budaya yang serupa, sehingga sajian khas lebarannya juga tidak jauh berbeda, yaitu ketupat, yang diberi kuah santan, lengkap dengan opor ayam atau rendang daging.

Ketupat Opor

Ketupat Opor

Kue Semprit

Kue Semprit

Kue-kue yang disajikan biasanya berupa kue kering yang dibuat dari bahan dasar tepung, telur, gula, dan mentega, seperti kue nastar, kastangel, kue semprit, atau lidah kucing.

Malaysia memiliki makanan khas bernama bubur lambuk. Bubur ini berisi campuran daging sapi cincang dan udang kering, yang dimasak dengan bumbu rempah seperti cengkeh, bunga lawang, jintan, kulit kayu manis, dll.

bubur lambuk

Bubur Lambuk

Karena lebih dekat dengan Asia Barat, sajian Lebaran di Myanmar didominasi oleh nasi briyani yang disajikan dengan olahan daging berempah. Adapun makanan ringannya adalah kue semolina, puding, dan buah-buahan kering.

Masakan Khas Lebaran di Asia Selatan

Umat Islam juga banyak tersebar di Asia Selatan, di antaranya adalah India, Pakistan, Bangladesh, dan Maladewa.

Di India, masakan khas yang disajikan saat lebaran adalah hyderabadi haleem, yaitu sate daging domba atau sejenis kebab. Seviyan atau puding sohun, atau zarda, yaitu puding berbahan dasar nasi, yang dimasak dengan susu, gula saffron, kismis, dan almond, lalu diberi pewarna kuning atau oranye.

Di Pakistan, masakan khas lebarannya adalah sheer, yaitu sejenis puding yang dimasak dengan susu, mi vermicelli, dan kurma. Puding ini memiliki tekstur yang amat lembut dengan rasa yang manis.

Sheer

Sheer

Masakan yang khas di Bangladesh saat lebaran adalah kari chopoti, yaitu sajian kari rendah kalori yang dimasak dengan santan dan campuran kacang polong, kentang, dan telur.

Agak sedikit berbeda, negara perairan Maladewa memiliki makanan khas lebaran berbahan dasar ikan, yaitu Gulha. Sajian ini adalah makan ringan berupa bola-bola ikan yang dibalur tepung kemudian digoreng.

Adapun makan utamanya adalah nasi yang dimasak dengan campuran daging tuna segar, yang dinamakan Boakibaa.

Boakibaa

Boakibaa

Masakan Khas Lebaran di Asia Timur

Walaupun bukan negara mayoritas muslim, Tiongkok juga memiliki komunitas muslim dalam jumlah besar. Di negara ini, sajian khas lebarannya adalah Sup Mi La Mian, yaitu mi yang disiram sup sapi/domba dengan bumbu wijen yang kuat. Mi ini juga diberi tambahan sayuran.

sup-mie-la-mian

Masakah Khas Lebaran di Timur Tengah

Di kawasan Timur Tengah seperti Arab saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan sekitarnya, makanan khas di hari-hari besar, termasuk Lebaran, biasanya disajikan dan dimakan bersama-sama dengan sanak keluarga dan kerabat.

Biasanya menu utamanya adalah nasi briyani dan roti canai, dengan kebab atau olahan daging kambing muda yang dimasak dengan rempah-rempah.

nasi-briyani

Nasi Briyani

Di Mesir, masakan khas lebarannya adalah Fattah, yaitu makanan klasik yang terbuat dari nasi, daging, bawang, dan cuka. Sedangkan makanan ringannya bernama Kahk, yaitu kue kacang bertabur gula tepung.

Sedikit berbeda, yang khas disajikan di Turki adalah Baklava, yaitu kue pastry yang dibuat berlapis-lapis dengan campuran kacang (pistasio-almond-walnut), sirup, dan madu. Kue ini memiliki cita rasa yang sangat manis dan legit.

Masakan Khas Lebaran di Afrika Utara

Umat Muslim juga banyak terdapat di negara-negara Afrika, salah satunya adalah Maroko. Negara ini memiliki masakan khas Lebaran yang bernama Meloui, yaitu panganan sejenis roti canai yang disajikan dengan campuran madu dan mentega.

Meloui

Meloui

Sajian lainnya adalah bastila, yaitu kue isi ayam, yang dimasak dengan rempah dan disajikan dengan gula halus dan kayu manis.

Di Somalia ada makanan khas lebaran yang disebut Xalwo/Halvo. Makanan ini adalah kue yang dibuat dari tepung maizena, gula, minyak, dan rempah-rempah.

xalwo

Xalwo

Lezat – lezat bukan?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Trackbacks.

Top
%d bloggers like this: